Sabtu, 17 Desember 2011

Kiat Sukses Olimpiade Matematika

Karakteristik soal-soal olimpiade sangat unik dan membutuhkan kecerdikan dalam menyelesaikannya, sehingga kesuksesan peserta olimpiade tidak cukup hanya bermodal kepandaian siswa semata, tetapi perlu kerjasama antara tim pembina olimpiade, siswa, sekolah, orang tua siswa. Strategi khusus inilah yang harus disinergikan bersama sejak pembinaan persiapan olimpiade sampai olimpiade ini berlangsung.
Secara teknis, berikut diuraikan beberapa kiat yang dapat dicoba untuk meraih sukses olimpiade matematika :
1.     Yang harus dilakukan siswa sebagai persiapan awal olimpiade matematika
a)     Disiplin dan bekerja keras;
Jika ingin mendapat yang terbaik, maka pastilah kita harus bekerja keras. Mari bangun karakter diri dengan membiasakan disiplin dalam belajar
b)    Perbanyak referensi buku bacaan;
Munculkan keinginan kuat untuk menguasai soal-soal olimpiade matematika. Luangkan waktu untuk aktif dari berbagai sumber, misalnya buku-buku olimpiade, internet, dll.
c)     Banyak diskusi;
Ajak teman untuk berdiskusi bertukar pengalaman mengerjakan soal-soal. Jangan ragu bertanya dan berdiskusi dengan guru pembimbing ketika menghadapai kesulitan dalam menyelesaikan soal yang sulit

2.     Yang harus dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal
a)    Awali dengan berdo’a memohon kepada ALLAH SWT. Agar diberikan kemudahan dan kesuksesan dalam menyelesaikan soal;
b) Kerjakan soal yang dianggap mudah dulu baru kemudian soal-soal yang sulit, sehingga akan menghemat waktu;
c)    Pahami bahasa soal dengan cermat, sehingga ketika berhadapan dengan soal dapat langsung menerapkan konsep materi yang diperlukan;
d)   Kerjakan soal olimpiade dengan sabar, tekun, hati-hati, tidak mudah menyerah dan siap mental menghadapi tantangan;
e)  Kreatif dalam menyelesaikan soal. Jangan terpaku pada satu cara, lakukan sesuatu dengan mengeksplorasi semua cara yang mungkin ketika menemukan kebuntuan dalam menyelesaikan soal yang sulit;
f)    Periksalah kembali hasil pekerjaanmu, sampai merasa benar-benar yakin semua sudah benar. 

3.     Yang harus dilakukan Pembina olimpiade matematika
a)    Melakukan pembinaan secara kontinyu;
b)   Membimbing siswa mengerjakan soal dengan beberapa cara;
c)    Selalu aktif menambah wawasan keilmuan matematika;
d)    Rajin mencari materi soal dan buku-buku penunjang olimpiade;
e)    Usahakan dalam pembinaan terjadi diskusi antara siswa dan Pembina mengenai soal yang sedang dibahas.

4.     Yang harus dilakukan pihak sekolah
a)    Memfasilitasi siswa untuk mengikuti olimpiade matematika;
b) Menugaskan Pembina yang benar-benar berkompeten dalam bidang olimpiade matematika;
c)    Menyediakan materi belajar, baik buku-buku olimpiade maupun alat peraga;
d) Memfasilitasi pembina untuk dapat membimbing siswa secara berkelanjutan;








Tidak ada komentar:

Posting Komentar