Selasa, 08 November 2011

Meneladani Kisah Nabi Ayyub as.

Jika kita telah mempelajari kisah Nabi Ayyub as, banyak sekali hikmah yang bisa diteladani atau dicontoh dari beliau, diantaranya :
1. Nabi Ayyub as seorang Rasul yang pandai bersyukur.
Dengan berbagai rizqi yang diterimanya Nabi Ayyub as justru sangat suka bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Meskipun kaya raya beliau tidak sombong mau bergaul dengan orang miskin.
Sikap dermawan dan tidak sombang harus kita praktikan dalam kehidupan sehari-hari. Harta itu titipan Allah SWT, orang yang pandai bersyukur akan dikarunai nikmat yang banyak, akan beruntng di dunia dan akhirat.
2. Tidak menyia-nyiakan kesehatan.
Dengan dikarunai kesehatan kita bisa menjalankan berbagai hal. Selagi tubuh kita sehat, kerjakan amalan yang bermanfaat, rajin ibadah, belajar dan bekerja.
Rajinlah menjaga kesehatan. Seseorang akan merasakan pentingnya kesehatan pada saat sakit.
3. Tabah dan tawakal dalam menghadapi cobaan.
Kadang ketika kita sakit menjadi malas beribadah kepada Allah SWT, dan suka marah-marah. Apakah itu tindakan yang benar ? Tidak.
Nabi Ayyub as ketika sakit justru semakin meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, tidak berburuk sangka, dan tidak mengeluh. Beliau dengan sabar mengobati dan tekun memohon kepada Allah SWT agar sakitnya segera sembuh.
4. Suka menjenguk orang sakit.
Setiap orang pasti pernah sakit.
Apa yang kamu lakukan ketika musibah menimpa orang lain, misalnya temanmu ?
Sebagai orang muslim diwajibkan untk menjenguk.
Mengapa ?
Karena bisa menjadi obat penyembuh, orang yang sakit akan terhibur hatinya sehingga penderitaannya menjadi berkurang.
Jika kita menjenguk orang sakit yang harus dilakukan adalah : mendo’akan, menghibur dan member semangat agar lekas sembuh. Dilarang berbuat gaduh, terlalu lama menjenguknya, dan menceriterakan sesuatu yang membuat orang sakit menjadi takut.
demikianlah sebagian kecil hal yang patut diteladani dari Nabi Ayyub as.
Belajar yang rajin, baca buku-buku Islami untuk memperkuat iman kita !
Semoga berhasil.
Amiin !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar