Senin, 07 November 2011

Qurban dan Integrasi Pembelajaran PAI – IPA, Keren Juga Ya!

Jika Qurban sering dimanfaatkan untuk pembelajaran sikap rela berkorban demi ketaatan kepada Alloh, maka anak-anak kelas 5 SD Plus Rahmat mendapat pengalaman yang berbeda. Pada Penyelenggaraan Qurban kali ini mereka tidak hanya mendapatkan cerita peristiwa pengorbanan Ismail dan makna peristiwa tersebut, tetapi mereka juga mendapatkan pembelajaran bagaimana menyembelih hewan yang benar serta mengidentifikasai anatomi tubuh hewan (kambing) bagian dalam>.


Rangkaian kegiatan Dzulhijjah memang tidak bisa dilepaskan dari peristiwa yang dialami oleh keluarga Ibrahim. Dimulai dari manasik haji, Sholat Idul Adha serta penyembelihan hewan Qurban.
Demikian pula dengan siswa siswi SD Plus Rahmat yang setiap tahun melaksanakan kegiatan tersebut sebagai rangkaian syiar Islam yang diajarkan kepada mereka.
Dimulai dengan manasik Haji Anak 1432H yang dilaksanakan tanggal 28 Oktober 2011 yang dilaksanakan di GNI, lalu Sholat Idul Adha 1432h yang dilaksanakan di halaman sekolah serta penyembelihan hewan Qurban yang dilaksanakan di halaman sekolah.

Jika Qurban sering dimanfaatkan untuk pembelajaran sikap rela berkorban demi ketaatan kepada Alloh, maka anak-anak kelas 5 SD Plus Rahmat mendapat pengalaman yang berbeda. Pada Penyelenggaraan Qurban kali ini mereka tidak hanya mendapatkan cerita peristiwa pengorbanan Ismail dan makna peristiwa tersebut, tetapi mereka juga mendapatkan pembelajaran bagaimana menyembelih hewan yang benar serta mengidentifikasai anatomi tubuh hewan (kambing) bagian dalam.
 Di bimbing oleh Ustadzah Luci Aprilia, S.TP., sebagai guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) anak-anak kelas 5 SD Plus Rahmat mendapat tugas untuk memperhatikan proses penyembelihan kambing dan mengidentifikasi organ tubuh kambing. Kegiatan ini merupakan integrasi dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang Qurban serta IPA.

Dengan pembentukan kelompok masing-masing 2 anak, mereka bekerja sama untuk mengidentifikasi organ tubuh bagian dalam hewan. Dengan kegiatan ini anak-anak diharapkan dapat mengamati secara nyata organ dalam hewan serta mengetahui nama-nama organ tersebut.
Model integrasi antar bidang studi ini merupakan hal yang terus akan dikembangkan oleh ustadz/ah SD Plus Rahmat untuk memberi pengalaman belajar yang menyenangkan serta bermakna. Apakah cukup sekedar itu, ternyata tidak. Untuk lebih merekatkan pengalaman belajar serta pengetahuan yang didapatkan, dokumentasi kegiatan berupa foto dan video penyembelihan juga telah dipersiapkan sehingga anak-anak dapat melihat ulang pengalaman belajar yang telah mereka lakukan. (Admin Blog)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar