Senin, 19 Maret 2012

10 Tips Belajar Efektif

Teman-teman.. aku mau berbagi tips belajar efektif menyambut UTS nanti.. Semoga bermanfaat  ya..
1.     Pilih waktu belajar yang tepat (saat badan kita terasa segar). Jadi, jaga kesehatan ya..
2.    Ciptakan suasana belajar yang nyaman. (Yang membuat kita fresh tetapi tidak mengurangi konsentrasi belajar kita). Boleh koq sambil mendengarkan alunan music.
3.   Kembangkan materi yang sudah kita pelajari. Misalnya, jika kita menjawab soal, cari jawaban juga dari sumber referensi yang lain dari buku atau internet. Belajar seperti ilmuwan yang kritis itu lho.. 
4.   Mencatat pokok-pokok pelajaran. (Ambil intisari dan kesimpulannya pada setiap mata pelajaran).
5.     Membaca adalah Kunci Belajar. (minimal bacalah materi baru dua kali sehari). Kalau sudah terbiasa jadi gampang koq..
6.     Belajar itu memahami, bukan sekedar menghafal. (Boleh juga menghafal, tapi ingat..selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajarannya).
7.     Hapalkan kata-kata kunci (Supaya mudah diingat di otak kita)
8.     Latih sendiri kemampuan kita (Tidak menunggu disuruh atau menunggu instruksi guru atau ortu untuk belajar... Jadi harus ada kemauan dari kita untuk belajar)
9.     Sediakan waktu untuk Istirahat. (Belajar boleh kencang..tapi istirahat juga harus diatur lho..) Di sekolah saja ada jam tertentu untuk istirahat. Sebab, kalau sudah ngantuk dan lelah, akan percuma meskipun kita memaksakan diri.
10.   Berdoa sebelum dan sesudah belajar.. (Nah, ini yang membikin hati jadi tenang). Terlebih, jangan sampai melalaikan waktu sholat yaa..meskipun sedang asyik belajar..

Naah..Good Luck ya teman-teman. Selamat belajar..:)
by : Lala (5A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar