Senin, 10 Oktober 2011

“Kuliah” 1 Jam di Kelas 5A

Ajang Olimpiade Sains Nasional sudah di depan mata. SD Plus Rahmat sengaja mendatangkan Doktor Biologi asal Malang mendongkrak motivasi siswa kelas 5A yang selama ini sudah dikader sekolah untuk menghadapi olimpiade.

Berbeda dari hari biasanya. Hari ini kelas 5A mendapat nuansa baru. Mereka terlihat lebih bersemangat. Segudang harapan mengukir prestasi di ajang olimpiade sains nasional menjadi cita-cita dan harapan mereka. Keyakinan dan tekad menjadi cambuk yang amat kuat.

Hari ini mereka merasakan “kuliah” layaknya mahasiswa. Di hadapan mereka bukan lagi ustadz/ustadzah. Tetapi Dosen Biologi dari Universitas Negeri Malang, beliau adalah Bpk. Mohamad Amin, S. Pd., M.Si., Ph.D. Pak Amin (sapaan akrab beliau) sengaja dihadirkan untuk memberikan motivasi dan pengetahuan menghadapi Ajang Olimpiade Nasional. Pak Amin meyakinkan bahwa belajar IPA sangatlah mudah karena alat peraganya ada di alam, ada disekitar kita. Kunci utama hanya satu yaitu “Gemar Membaca”. Pak Amin mengatakan bahwa belajar dan membaca jangan hanya setiap hari, tetapi setiap saat, dimanapun dan kapan saja. “Bacalah ringkasan” katanya dengan tersenyum. Menurutnya, semakin banyak membaca, semakin banyak pengetahuan. Sedikit membaca, sedikit pengetahuan.

Beberapa ungkapan beliau yang sangat mengesankan adalah ”Tentang bedanya orang berilmu dan tidak ber ilmu, beliau menjelaskan bahwa orang yang berilmu itu dimanapun dan kapanpun akan lebih dihargai dan dihormati orang lain dan akan mendapat derajat lebih disisi Allah SWT”. Kemudian satu lagi ungkapan beliau yang juga mengesankan yaitu “Kalau kalian ingin bahagia dunia, tempuhlah dengan ilmu. Kalau kalian ingin bahagia diakhirat, tempuhlah dengan ilmu. Kalau kalian ingin bahagia dunia akhirat, maka tempuhlah dengan ilmu. Dan ilmu hanya bisa diperoleh dengan BELAJAR”.

Ketika Pak Amin memberika sesion tanya jawab, siswa berebut bertanya. Hal itu sebagai indikator anak-anak yang cerdas dan pintar. Sebab mereka mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Terlebih anak-anak juga tidak canggung menghadapi orang baru (guru asing) di hadapan mereka. Menurutnya, ini sebagai indikator kesiapan mental dan percaya diri. Oleh karena itu, kepada Ustadz/ustadzah Pak Amin berpesan agar segera menentukan calon terbaik diantara yang terbaik di kelas tersebut. Karena pembinaan harus segera dilakukan sedini mungkin untuk mencapai hasil terbaik.

Untuk menjalin keakraban, Pak Amin sengaja mendatangi satu-persatu siswa kelas 5A ke bangku mereka masing-masing. Pak Amin menanyakan nama siswa, orang tua, rumah dsb. “Anak-anak sangat antusias, semangat dan tegas”, begitu kesan beliau. Kedekatan itu sangat terasa meski hanya “kuliah” 1 jam pelajaran saja (kurang lebih sekitar 45 menit). Bahkan Iwan, salah satu siswa kelas 5A sengaja mendatangi meja sang Dosen secara pribadi untuk bertanya langsung. “Pertanyaannya sangat berbobot” kata sang Dosen kagum.

Dalam pembinaan ustadz/ustadzah di ruang Lab MIPA Pak Amin memberikan beberapa indikator anak-anak yang siap mengikuti ajang Olimpiade Sains. Antara lain anak-anak harus memiliki intelektual, kreativitas, kompetensi dan komitmen yang tinggi dan terangkum dalam satu kesatuan. Doktor yang juga pengarang buku Biologi untuk SMP dan SMA itu menegaskan di depan ustadz/ustadzah pengajar IPA SD Plus Rahmat bahwa beliau mempunyai kesan yang sangat mendalam terhadap anak-anak kelas 5A. “ Mereka punya rasa ingin tahu yang tinggi, kritis dan memiliki mental yang bagus”. Terlebih dalam pesan yang tertulis di buku tamu kelas 5A, Pak Amin mengatakan bahwa anak-anak kelas 5A sudah siap berprestasi.. Semangat ya anak-anak…
(By : Usth.Luci / Ust. Jon)

4 komentar:

  1. Selamat, semoga semakin memacu untuk terus meraih prestasi lebih tinggi.

    BalasHapus
  2. Waaah.. Surprise dunk..
    Kesempatan luar biasa loh. Anak SD dah kuliah..

    BalasHapus
  3. Selamat ya anak-anak..
    Terus belajar, terus semangat..!
    Tetap cerdas hati..
    Tingkatkan iman kepada Allah SWT, agar kalian mendapat prestasi yang indah di mata Allah SWT

    BalasHapus
  4. alhamdulillah...........

    BalasHapus